Jumat, 22 Mei 2015

MIND MAP RUMAH RAMAH LINGKUNGAN





TOR
Merencanakan rumah tinggal sederhana dengan konsep ramah lingkungan

Statement
Pengertian
Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal seseorang dalam waktu tertentu
Luxury tropical garden house 
Don't wait until the last minute to save earth
Latar Belakang
Masalah global warming telah menjadi ancaman untuk bumi kita, suhu bumi yang semakin panas akan memperburuk keadaan bumi. Hal ini tidak luput dari masalah lingkungan yang semakin hari kan rusak. Salah satu penyebabnya ialah pembangunan tanpa memperhatikan lingkungan. Oleh sebab itu, konsep rumah ramah lingkungan sangat dibutuhkan dalam pembangunan zaman modern ini.

Tujuan
Menghasilkan desain rumah tinggal sederhana dengan konsep ramah lingkungan, sesuai dengan site yang ada di lapangan. Sehingga dapat mengrangi dampak dari pemanasan global.

Batasan
Utara    : Lahan Kosong        KDB         : 60 %
Selatan : Jalan Gang            Kapasitas : 5 orang
Timur    : Lahan kosong
Barat    : Lahan kosong
KLB       : 1 Lantai

Lokasi
 Kavling Perumahan Permata Ngijo, Gunung Pati, Semarang

Program Ruang
Data Site
Panjang : 18
Lebar    : 14

Data Penghuni & Kebutuhan Ruang
Penghuni
Umur
Pekerjaan
Hobi
Ayah
Ibu
Anak Laki-laki
Anak Perempuan 1
Anak Perempuan 2
45 Tahun
44 Tahun
15 Tahun
13 Tahun
10 Tahun
Dosen
Guru
Pelajar
Pelajar
Pelajar
Bersepeda
Membaca
Bersepeda
Menyanyi
Membaca

AYAH
IBU
ANAK
Tidur
Mandi
Makan
Bekerja
Bersantai
Beribadah
Membaca
R. tidur
KM/WC
R. Makan
R. Keluarga
Teras
Carport
Mushola

Tidur
Mandi
Makan
Memasak
Mencuci
Bekerja
Bersantai
Beribadah
Membaca
R. tidur
KM/WC
R. Makan
R.Keluarga
Teras
Carport
Mushola
T. Cuci
Dapur
Tidur
Mandi
Makan
Belajar
Bekerja
Bersantai
Beribadah
Membaca
R. tidur
KM/WC
R. Makan
R. Keluarga
Teras
Carport
Mushola

Besaran Ruang
Nama Ruang
Ukuran
Luas
Teras
Ruang Tamu
Kamar Mandi
Ruang Keluarga
Ruang Tidur Utama
Ruaang Tidu Anak
Ruang Makan & Dapur
Mushola
Carport
Tempat Cuci
1,5 x 3
3 x 4
(2 x 1,5) 2
3 x 4
3 x 4
(3 x 3) 3
4 x 4
2 x 3
5 x 3
2,5 x 1,5
4,5 m2
12 m2
6 m2
12 m2
12 m2
27 m2
16 m2
6 m2
15 m2
3.75 m2
Jumlah
114.25 m2

Besaran Ruang
Analisis Site
Penanaman pohon untuk mengurangi kebisingan
Kebisingan
Pada bagian kiri dan depan site terdapat jalan raya dan jalan gang, yang merupakan sumber kebisingan. Sumber kebisingan utama berasal dari jalan gang karena site langsung berhadapan dengan jalan tersebut. Untuk mengurangi kebisingan tersebut, dapat menggunakan pohon yang ditanam di depan rumah dan samping kiri rumah.

Sinar Matahari
Site yang menghadap ke selatan, akan mengakibatkan bagian kanan dari site yang akan terkena sinar matahari pagi lebih optimal, sedangkan bagian kiri site terkena sinar matahari sore. Hal tersebut dapat disiasati dengan menempatkan ruang yang membutuhkan sinar matahari pagi, pada bagian kanan site, seperti kamar tidur. Sedangkan untuk bagian kiri site dapat digunakan sebagai ruang semi publik dan servis, seperti ruang keluarga dan dapur.
Aksesibilitas
Site yang langsung berhadapan dengan jalan, akan sangat memudahkan penghuni dalam mengakses masuk dan keluar rumah. Jalan masuk diletakkan pada bagian kanan site. Terdapat carport pada kanan site.

View
Site dikelilingi oleh lahan kosong yang belum terdapat bangunan disampaing kanan dan kiri, hanya terdapat 3 bangunan yang berhadapan dengan site diseberang jalan. View yang bagus adalah bagian depan site, karena terdapat jalan gang yang cukup lebar, menjadikan  penghuni memiliki jarak pandang keluar rumah yang luas. Bagian samping kanan, kiri dan belakang hanya terdapat lahan kosong yang kurang menarik dijadikan view.

Pendekatan Desain
Roof Garden
Taman yang dibuat di atap sebuah bangunan . Roof garden menjadi sebuah alternatif di perkotaan yang sedikit lahan kosong untuk taman. Dengan menempatkan taman di atap rumah atau bangunan dapat mengurangi global warming yang semakin parah. Selain itu juga dapat memperindah bangunan dan memberikan kesan bangunan menjadi sejuk.
Biopori
Lubang silindris yang ditanam secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 cm dan memiliki kedalaman sekitar 100 cm.
Pemasangan biopori pada halaman sekitar rumah sangat efektif, karena halaman rumah akan memiliki daya resapan air yang lebih banyak atau luas sehingga air dari hujan akan kembali masuk ke dalam tanah dan akan menjadi cadangan air untuk kehidupan.

EcoFaeBrick
Ecofaebrick merupakan bata yang terbuat dari
jenis limbah organik, yaitu kotoran sapi yang dapat diolah menjadi bahan bangunan, dengan penggunaan bata jenis ini akan sangat efektif karena tidak hanya ramah lingkungan karena batu bata ini memiliki kelebihan :
 >>>> Beratnya lebih ringan 20 %
 >>>> Kekuatan lebih kuat 20 %
 >>>> Lebih aman bagi kesehatan
Cross Ventilasi
Bukaan jendela atau pintu yang letaknya saling berhadapan didalam satu ruangan. Iklim tropis seperti Indonesia sebaiknya dilengkapi ventilasi silang agar perputaran udara secara terus menerus mengalir. Ventilasi silang memanfaatkan perbedaan zona bertekanan tinggi dan rendah yang tercipta oleh udara. Perbedaan tekananan pada kedua sisi bangunan akan menarik udara segar memasuki bangunan dari satu sisi dan mendorong udara pengap keluar. Standar ideal untuk ventilasi silang minimal 20% dari luas lantai ruangan, dan hindari furnitur berukuran besar diantara ventilasi silang agar perputaran udara tidak terhambat.

Sumber : google.com
                














0 komentar:

Posting Komentar

Followers